Follow Aras Atas on Facebook Contact Us Open!
Join our telegram Contact Us Join Now!

Resensi Buku Islam Otoritarianisme dan Keterbelakangan Ahmet T Kuru

Aras Atas
Sesensi Buku Islam Otoritarianisme dan Ketertinggalan

Aras Aras | Untuk mendukung kemajuan Literasi Indonesia, Aras Atas Merangkum Buku Islam, Otoritarianisme, dan Keterbelakangan.

Islam, Otoritarianisme, dan Keterbelakangan adalah buku yang ditulis Ahmet T. Kuru merupakan sumber yang bagus untuk memahami isu-isu ini di berbagai usia dan wilayah di dunia Muslim. Pengalamannya sebagai profesor ilmu politik dan direktur Center for Islamic and Arabic Studies di Universitas San Diego menjadikan buku ini berharga bagi umat Islam yang ingin melihat dirinya dalam konteks Sejarah dan Perkembangan.

Buku ini membahas berbagai topik, termasuk kekerasan dan perdamaian, otoritarianisme dan demokrasi, dan pembangunan sosial-ekonomi. Ahmet T. Kuru mampu menuliskannya dengan bahasa yang enak dibaca, sistematis, dan kaya akan literatur yang meyakinkan. Selain itu, Bagian Kedua tentang Kemajuan Peninjauan Sejarah: Ulama dan Pedagang (abad 7-11), Krisis: Invasi (abad 12-14), Kekuasaan: Tiga Kerajaan Islam (abad 15-17), Kejatuhan: Kolonialisme Barat dan Pembaharu Islam (dari abad kedelapan belas hingga abad kesembilan belas) juga disertakan. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada tahun 476, Eropa Barat jatuh ke dalam kekacauan politik dan masalah ekonomi selama berabad-abad. Ketika Nabi Muhammad (570-632) menyebarkan ajaran Islam di Semenanjung Arab, ada dua kerajaan kuat di sekitarnya: Kekaisaran Bizantium dan Kekaisaran Sassanid.

Selama empat abad ketika khalifah Muslim memerintah Timur Tengah, mereka menaklukkan wilayah Sasan di timur dan menduduki semua bekas wilayah Bizantium di wilayah tersebut. Selama periode Dinasti Umayyah, wilayah Muslim juga meluas ke Transoxiana di timur dan Semenanjung Iberia di barat. Umat ​​Islam ditempatkan dengan sangat baik untuk mengontrol jalur perdagangan utama antara Cina, India, dan Eropa karena lokasinya yang sentral. Dinasti Abbasiyah menggantikan Bani Umayyah pada tahun 750, dan Bani Umayyah terus memerintah di Iberia sebagai negara merdeka hingga tahun 929. Namun, pada tahun 945 khalifah Abbasiyah bahkan kehilangan kendali atas Bagdad, yang digantikan oleh Buwaih Syiah.

Selama abad ke-8 hingga ke-11, para pedagang dan cendekiawan Muslim sangat sukses di dunia Islam. Periode ini menyaksikan perkembangan intelektual kreatif dan pengusaha berpengaruh, serta penyebaran pengetahuan di kota-kota Muslim di seluruh Timur Tengah. Khususnya, Damaskus, Halab, Basrah, Nishapur, Rayy, Thus, dan lokasi lainnya memiliki perpustakaan dan komunitas ilmiah yang mengesankan selama ini. Dinasti Fatimiyah, yang memerintah Mesir pada abad ke-12, terkenal karena upaya pembangunan perpustakaannya.

Pada abad ke-10, terdapat banyak perpustakaan di Kairo dan Andalusia. Perpustakaan Hakam di Cordoba memiliki sekitar 400.000 buku, sedangkan Perpustakaan Khalifah Aziz di Kairo memiliki koleksi buku yang diperkirakan lebih dari satu juta. Ada juga banyak perpustakaan di Bagdad selama periode ini, berkat budaya intelektual kota yang berkembang pesat. Di antaranya adalah Perpustakaan Khawarizmi yang memiliki koleksi buku, dan Perpustakaan Kindi yang terkenal dengan kepiawaiannya di berbagai bidang.

Bagian ini memberi tahu pembaca tentang beberapa cendekiawan Muslim paling terkemuka di era abad pertengahan. Di antara mereka adalah Abu Bakr al-Razi, seorang dokter terkemuka di Bagdad; Farabi, seorang filosof yang tinggal di berbagai kota seperti Bagdad, Damaskus, dan Halab; Ibn Haitham, seorang matematikawan dan astronom ternama; dan Biruni, yang mempelajari berbagai mata pelajaran, termasuk astronomi, geografi, sejarah, dan agama. Avicenna, pendukung utama pemikiran filosofis di dunia Muslim, juga berasal dari Asia Tengah.

Perkembangan intelektual dunia Muslim telah menurun selama beberapa abad terakhir karena munculnya Kesultanan Seljuk. Ini didasarkan pada dua transformasi besar: kelas militer mulai mendominasi ekonomi, dan kedua, berdirinya madrasah Nizhamiyah, yang merupakan sekolah ortodoksi Sunni. Perubahan ideologis dan institusional ini secara bertahap menyingkirkan para filsuf dan cendekiawan Islam independen.

Dunia Muslim menghadapi banyak masalah di abad ke-11 akibat serangan dari Eropa Barat dan Asia Tengah. Hal ini menyebabkan komunitas Muslim beralih ke pemimpin militer dan elit agama untuk perlindungan. Akibatnya, model aliansi negara-ulama Seljuk diadaptasi dan diadopsi oleh banyak kerajaan Muslim, terutama negara-negara Ayyubiyah/Mamluk, Ottoman, Shafavi, dan Mughal. Ini berarti bahwa hubungan kelas yang dominan di dunia Muslim serupa dengan yang ada di awal abad pertengahan Eropa – gereja dan elit militer mendominasi masyarakat. Hanya sedikit peluang bagi kaum intelektual dan pedagang untuk berkembang, yang menghambat perkembangan sosial dan ekonomi.

Esai ini membahas bagaimana terjemahan teks Arab ke dalam bahasa Latin dan Ibrani membantu mengembangkan budaya Eropa, dan bagaimana hubungan antara dunia Islam dan Eropa ini berbahaya. Gereja Katolik mendapatkan kembali kendali atas Iberia pada tahun 1085, dan peristiwa ini menyebabkan aliansi yang lebih erat antara negara-negara ulama Eropa dan dunia Islam. Akibatnya, banyak teks Arab yang berharga hilang, dan sebagian besar filsafat Islam diabaikan oleh orang Eropa.

Selama tahun 1400-an hingga 1800-an, fokus utama kerajaan Muslim adalah pada urusan militer, dengan teknologi Eropa Barat yang diabaikan. Ini tercermin dalam penggunaan senjata api, percetakan, dan alat bantu navigasi yang efektif, yang ditujukan untuk kepentingan elit militer yang berpengaruh. Baru setelah mesin cetak Ottoman didirikan pada tahun 1727, pencetakan menjadi praktik umum di dunia Muslim, dan kompas laut pada awalnya tidak tertarik dengan teknologi ini. Namun, pada tahun 1800-an, mesin cetak, bubuk mesiu, dan kompas laut semuanya telah mengubah cara kerja di bumi.

Abad ke-15 dan ke-16 adalah masa pertumbuhan intelektual dan ekonomi di Eropa yang dikenal sebagai kebangkitan Barat. Ini sebagian karena karya filsuf seperti Descartes dan lainnya yang memajukan rasionalisme, dan Revolusi Ilmiah, yang mengubah cara kita memandang dunia. Selama tahun 1700-an, Inggris membuat kemajuan signifikan dalam pendidikan, filsafat, dan sains. Cambridge dan Oxford menjadi universitas terkemuka di Eropa, dan Francis Bacon, penganjur ilmu pengetahuan modern dan filsuf, adalah salah satu perintis empirisme. John Locke menulis teks dasar empirisme, dan Harvey adalah dokter pertama yang bereksperimen dengan membedah pembuluh darah utama di seluruh tubuh manusia. Inggris juga melahirkan Newton, yang dianggap sebagai puncak revolusi ilmiah yang dimulai oleh Copernicus.

Renaisans terjadi di Eropa, karena berbagai proses yang tumpang tindih seperti revolusi percetakan, reformasi Protestan, penemuan geografis, dan revolusi ilmiah. Selama ini, negara-negara Muslim tidak membuat kemajuan serupa atau belajar dari pengalaman Eropa. Pada awal abad ke-17, Eropa Barat jelas berada di depan dunia Muslim dalam ilmu alam dan filsafat. Dua abad kemudian, tiga kerajaan Islam telah kehilangan dominasi militernya dan menghadapi berbagai krisis politik dan sosial ekonomi. Ini dapat dikaitkan dengan aliansi ulama-negara, yang menghambat perkembangan sarjana dan pedagang independen. Umat ​​​​Muslim juga tidak memiliki kreativitas dan tidak tertarik pada kemajuan Eropa, termasuk revolusi percetakan dan ilmiah.

Abad ke-15 dan ke-17 adalah masa perkembangan yang signifikan di Eropa Barat, termasuk Renaisans, yang mendorong ketertarikan pada tubuh dan alam manusia. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi buku dan melek huruf, yang pada gilirannya membantu menemukan tempat-tempat baru. Sementara para intelektual sering dipandang penting dalam masyarakat dengan konsentrasi mereka yang tinggi, di beberapa negara Muslim tidak ada banyak minat untuk mempelajari dan memahami berbagai hal, yang berdampak negatif pada cara negara-negara ini secara militer dan politik lebih lemah daripada negara-negara seperti Eropa Barat.

Konten Terkait

  • Ebook Islam Otoritarianisme dan Ketertinggalan File PDF
  • Islam Otoritarianisme dan Ketertinggalan Konten

PROFIL PENULIS

Rate This Article

Thanks for reading: Resensi Buku Islam Otoritarianisme dan Keterbelakangan Ahmet T Kuru, Sorry, my English is bad:)

About the Author

Aras Atas

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
// //